Saya adalah wanita biasa yang mempunyai impian besar,,entah bagaimana cara saya menggapainya..hanya cukup berusaha, berdoa dan percaya kepada Allah,,,it will be come true......^_^..Gomawoo

Kamis, 15 Oktober 2015

Makalah Kewiraswataan



MAKALAH KEWIRASWASTAAN
MENGENAL PERUSAHAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA
PT. SEMEN INDONESIA

logo dp.jpg

Di susun oleh :
Puspita Gananingrum                  13 DMS 3982
Agus Susetyo                              13 DMS 3984
Ari Susanto                                 13 DMS 3993
Hariyanto                                     13 DMS 3985



SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
DHARMAPUTRA
SEMARANG


 DAFTAR ISI
BAB .I  PENDAHULUAN                                                                                            2
1.1.Latar belakang                                                                                           3
1.2. Tujuan                                                                                                      3
BAB. 2. Gambaran Umum Perusahaan                                                                                     4
2.1 Sejarah Singkat Perusahaan                                                                                   4         
2.2 Visi dan Misi                                                                                             5
2.1.1Visi Perusahaan                                                                           5
2.2.2Misi Perusahaan                                                                           5                     
2.3 Susunan Dewan Komisaris  dan Direksi                                                    6                                 
                             BAB .3  Topik Pembahasan                                                                                                     8                                                                                 
                        3.1 Pengertian Kewirausahaan / Kewiraswastaan                                                         8
                        3.2 Grup Perusahaan PT Semen Indonesia                                                      9
                        3.3 Metode Pemasaran pada PT Semen Indonesia                                           11
                                                3.3.1 Marketing Mix
                                                3.3.2.Produk
                                                3.3.3 Place
                                                3.3.4 Promotion
                        3.4 Analisis Kesuksesan PT Semen Indonesia                                                15
                        3.5 Peran PT Semen Indonesia dalam perekonomian nasional                                    16

BAB 4 PENUTUP                                                                                                                    17

                     4.1 Kesimpulan                                                                                                  17

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                               18
                                                                                          BAB I
PENDAHULUAN
         
 1.1    Latar Belakang

Dalam menghadapi lingkungan kerja yang semakin dinamis dan selalu berubah, maka suatu organisasi atau perusahaan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri baik secara internal maupun ekternal. Hal ini merupakan konsekuensi dari suatu organisasi karena telah memasuki era persaingan yang ketat dan selalu berubah.
Suatu organisasi dapat dikatakan berhasil jika organisasi tersebut dapat melakukan perubahan untuk menghadapi persaingan, tangkas dan cermat, mampu mengembangkan inovasi baru dan selalu siap menghadapi persaingan baru. Akan tetapi tidak semudah yang dilakukan karena perubahan-perubahan yang dilakukan oleh organisasi harus dilakukan dengan melalui berbagai pemikiran dan pertimbangan terlebih dahulu.
Perubahan dapat diartikan membuat sesuatu menjadi berbeda di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Untuk merealisasikan perubahan harus menggunakan rencana yang matang dan penuh perhitungan. Seperti halnya yang dilakukan di PT. Semen Indonesia (persero) Tbk sebelum melakukan suatu perubahan, perusahaan ini dengan terencana dan terarah melakukan kegiatan perubahan yang berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai.
Adapun yang melatarbelakangi suatu perubahan dalam organisasi adalah bagaiamana kemampuan dari organisasi tersebut dalam bertahan hidup di dalam persaingan yang tinggi dan selalu dinamis baik dari faktor internal maupun eksternal.

          1.2 TUJUAN

Ø    Mengenal tentang sejarah berdirinyaPerusahaan Semen Indonesia
Ø    Memahami tentang strategi pemasaran PT Semen Indonesia
Ø    Memahami tentang peranan perusahaan pada perekonomian nasional




BAB 2
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Singkat Perusahaan
 Perusahaan diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun, dan di tahun 2013 kapasitas terpasang mencapai 30 juta ton/tahun.
Pada tanggal 8 Juli 1991 saham Perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa EfekSurabaya (kini menjadi Bursa Efek Indonesia) serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Komposisi pemegang saham pada saat itu: Negara RI 73% dan masyarakat 27%.
Pada bulan September 1995, Perseroan melakukan Penawaran Umum Terbatas I (Right Issue I), yang mengubah komposisi kepemilikan saham menjadi Negara RI 65% dan masyarakat 35%. Pada tanggal 15 September 1995 PT Semen Gresik berkonsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa.Total kapasitas terpasang Perseroan saat itu sebesar 8,5 juta ton semen per tahun.
Pada tanggal 17 September 1998, Negara RI melepas kepemilikan sahamnya di Perseroan sebesar 14% melalui penawaran terbuka yang dimenangkan oleh Cemex S. A. de C. V., perusahaan semen global yang berpusat di Meksiko. Komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51%, masyarakat 35%, dan Cemex 14%. Kemudian tanggal 30 September 1999 komposisi kepemilikan saham berubah menjadi: Pemerintah Republik Indonesia 51,0%, masyarakat 23,4% dan Cemex 25,5%.
Pada tanggal 27 Juli 2006 terjadi transaksi penjualan saham Cemex Asia Holdings Ltd. kepadaBlue Valley Holdings PTE Ltd. sehingga komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Negara RI 51,0% Blue Valley Holdings PTE Ltd. 24,9%, dan masyarakat 24,0%. Pada akhir Maret 2010, Blue Valley Holdings PTELtd, menjual seluruh sahamnya melalui private placement, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan berubah menjadi Pemerintah 51,0% dan publik 48,9%.
Perseroan memproduksi berbagai jenis semen, antara lain :
1.      Semen Portland Tipe I. Dikenal pula sebagai ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain : bangunan, perumahan, gedung-gedung bertingkat, jembatan, landasan pacu dan jalan raya.
2.      Semen Portland Tipe II. Di kenal sebagai semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, beton massa dan bendungan.
3.      Semen Portland Tipe III. Semua jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal yang tinggi setelah proses pengecoran dilakukan dan memerlukan penyelesaian secepat mungkin. Misalnya digunakan untuk pembuatan jalan raya, bangunan tingkat tinggi dan bandar udara.
4.      Semen Portland Tipe V. Semen jenis ini dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbang pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan dan pembangkit tenaga nuklir.
5.      Special Blended Cement (SBC). Semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan mega proyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan cocok digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut. Dikemas dalam bentuk curah.
6.      Portland Pozzolan Cement (PPC). Semen Hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak, gypsum dan bahan pozzolan. Digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya, jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan fondasi pelat penuh.

                 2.1.1 Visi Perusahaan
Menjadi perusahaan persemenan internasional yang terkemuka di Asia Tenggara
           2.2.2 Misi Perusahaan
1.      Mengembangkan usaha persemenan dan industri terkait yang berorientasikan kepuasan konsumen.
  1. Mewujudkan perusahaan berstandar internasional dengan keunggulan daya saing dan sinergi untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
  2. Mewujudkan tanggung jawab sosial serta ramah lingkungan.
  3. Memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders).
  4. Membangun kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia.

2.3 Susunan Dewan Komisaris dan Direksi          
Susunan Dewan Komisaris :
  • Komisaris Utama Mahendra Siregar
  • Komisaris Independen Hadi Waluyo
  • Komisaris Independen Muchammad Zaidun
  • Komisaris Achmad Jazidie
  • Komisaris Wahyu Hidayat
  • Komisaris Sony Subrata
Susunan Dewan Direksi :
·         Direktur Utama Suparni
·         Direktur Keuangan Ahyanizzaman
·         Direktur Amat Pria Darma
·         Direktur Komersial Aunur Rosyidi
·         Direktur Gatot Kusyadji
·         Direktur Johan Samudra
·         Direktur Rizkan Chandra
KOMITE AUDIT
Ketua
: Hadi Waluyo
Anggota
: Achmad Jazidie
Anggota
: Farid Prawiranegara
Anggota
: Sahat Pardede
Anggota
: Elok Tresnaningsih



KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI ("KNR")
Ketua         
: Muchammad Zaidun
Anggota
: Wahyu Hidayat
Anggota
: Irham Dilmy

KOMITE STRATEGI, MANAJEMEN RISIKO DAN INVESTASI ("SMRI")
Ketua          
: Mahendra Siregar
Anggota
: Marwanto Harjowiryono
Anggota
: Wahyu Hidayat
Anggota
: Syafrizal
Anggota
: Yuki Indrayadi

http://www.semenindonesia.com/assets/files/files/struktur-tatakelola-perseroan.jpg





















BAB 3
TOPIK PEMBAHASAN

3.1 Pengertian Kewirausahaan
Berasal dari kata enterpteneur yang berarti orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual. Wirausaha sering juga disebut wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Meski demikian wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang berbeda . Wiraswasta tidak memiliki visi pengembangan usaha sedangkan wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya. Istilah lainnya yang semakna dengan wirausaha adalah wiraswasta. Istilah wiraswasta lebih sering dipakai dan lebih dikenal daripada wirausaha. Padahal, keduanya bermakna sama dan merupakan padanan dari kata entrepreneur. Kata wiraswasta berasal dari gabungan wira-swa-sta dalam bahasa sansekerta. Wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang; swa berarti sendiri atau mandiri; sta berarti berdiri; swasta berarti berdiri ditas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan sendiri. Sedangkan wirausahawan mengandung arti secara harfiah, wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya atau dengan kata lain wirausaha adalah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan.
Berdasarkan makna-makna tersebut, kata wiraswasta atau wirausaha berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan di bidang usaha. Dengan kalimat lain, wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai sifat-sifat kewiraswastaan atau kewira-usahaan. Ia bersikap berani unuk mengambil resiko. Ia juga memiliki leutamaan, kreatifitas, dan teladan dalam menangani usaha atau perusahaan. Keberaniannya berpijak pada kemampuan sendiri atau kemandiriannya. Pengertian lainnya menyebutkan kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.
Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya. Richard Cantillon (1775) misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi inikewirausahaan adalah lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya, menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi sedangkan menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya dan menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
Menurut Dan Steinhoff dan John F. Burgess (1993:35) wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha. Secara esensi pengertian entrepreneurship adalah suatu sikap mental, pandangan, wawasan serta pola pikir dan pola tindak seseorang terhadap tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan selalu berorientasi kepada pelanggan. Atau dapat juga diartikan sebagai semua tindakan dari seseorang yang mampu memberi nilai terhadap tugas dan tanggungjawabnya. Adapun kewirausahaan merupakan sikap mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dalam berusaha untuk memajukan karya baktinya dalam rangka upaya meningkatkan pendapatan di dalam kegiatan usahanya. Selain itu kewirausahan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan seuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melaui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan hidup. Pada hakekatnya kewirausahaan adalah sifat, ciri, dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif.


3.2 GRUP PERUSAHAAN PT SEMEN INDONESIA
Anak perusahaan memainkan peranan yang sangat penting sebagai strategic partner, maupun sebagai pendukung community development. Anak perusahaan diharapkan mampu mendukung bisnis inti Semen Indonesia selaku holding company dan memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk mencapai keunggulan kompetitif dan perkembangan perusahaan secara terus menerus. Keberadaan anak usaha diharapkan dapat memberi sinergi yang bermanfaat untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

1.      Semen Padang. 
Semen Padang memiliki 4 (empat) pabrik semen, kapasitas terpasang 5,24 juta ton semen pertahun berlokasi di Indarung, Sumatera Barat. Semen Padang memiliki 5 pengantongan semen, yaitu : Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok dan Ciwandan.

2.      Semen Gresik.
Semen Gresik memiliki 3 pabrik dengan kapasitas terpasang 8,2 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Semen Gresik memiliki 2 pelabuhan, yaitu : Pelabuhan khusus Semen Gresik di Tuban dan Gresik.
3.      Semen Tonasa.
Semen Tonasa memiliki 3 pabrik semen, kapasitas terpasang 3,48 juta ton semen per tahun, berlokasi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa memiliki 7 (tujuh) pengantongan semen, yaitu : Biringkasi, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Bitung, Palu, Ambon, Celukan Bawang, Bali.
4.      Thang Long Cement (TLCC)
Merupakan salah satu perusahaan penghasil semen terkemuka di Vietnam dengan total kapasitas produksi 2,3 juta ton per tahun, dihasilkan dari pabrik yang baru dengan tekhnologi terkini, berlokasi di Provinsi Quang Ninh. Thang Long Cement memiliki tambahan dua ijin pengembangan pabrik baru di provinsi Quang Ninh dan Binh Phuoc, Vietnam.
Anak perusahaan bukan penghasil semen diantaranya:
4.      PT Swadaya Graha
5.      PT Varia Usaha
6.      PT Eternit Gresik
7.      PT. SGG Energi Prima
8.      PT. SGG Prima Beton
9.      PT. Krakatau Semen Indonesia
10.  PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI)

Afiliasi
a.       PT Varia Usaha Beton
b.      PT Waru Abadi
c.       PT Varia Usaha Bahari
d.      PT Varia Usaha Dharma Segara
e.       PT Varia Usaha Lintas Segara
f.       PT Varia Usaha Barito
g.       PT Swabina Gatra
i.        PT Sepatim Batamtama
j.        PT Bima Sepaja Abadi
l.        PT Krakatau Semen Indonesia
m.    PT Sinergi Informatika Semen Indonesia

Lembaga Penunjang
    b. PT Cipta Nirmala
    c. Dana Pensiun Semen Gresik


3.3 Metode Pemasaran pada PT Semen Indonesia

3.3.1 Produk
Perseroan memproduksi berbagai jenis semen. Semen utama yang di produksi adalah Semen Portland Tipe I (OPC). Di samping itu juga memproduksi berbagai tipe khusus dan semen campuran (mixed cement), untuk penggunaan yang terbatas dan dalam jumlah yang lebih kecil daripada OPC. Berikut ini penjelasan mengenai jenis semen yang di produksi serta pengunaannya.
                Ordinary Portland Cement Tipe I
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWNvsprpjNMsw-9jlokAR4dLTquKKq1pteC4R5P6RpFE6dlYwjWr_2BO_Y_4mi5f2R5YGH7j4rb50a3Ntjr5ASIG61ZSJOM_jA91Yz6BhFQYQ8MUIZBq2p0zoz0ngwAqy9ceH0ngiqbuZv/s200/tipe+1.jpg
Semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain bangunan perumahan, gedung-gedung bertingkat, jembatan, landasan pacu dan jalan raya.
           
 Portland Composite Cement (PCC)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMloJWTeDGtgdUMKSOvWMfoERYDs1ugmMnhflD20r82pEOFn2A_Ekgxrbet2OKt3zlngsMWryyeQ21cYpnZ7_03FX2RWVCJQLyC-C35BDtEjFcVhHQRcWG9YscGTFKjWKa2VGcm7Y4UKrV/s200/3086404_50kg.jpg
Adalah bahan pengikat hidrolis haisl penggilingan bersama-sama terak, gypsum, dan satu atau lebih anorganic. Kegunaan semen jenis ini untk konstruksi beton umum, pasangan batu bata, plesteran, selokan, pembuatan elemen bangunan khusus seperti beton pracetak, beton pratekan, dan paving block.

Super Masonary Cement (SMC) 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEht-B0-oBl9f36hhvXIIX4LOPfi9ua-hoXO15obufkgG93cU9QLNc4Eelvu1g1Nu9ZxoI1WihmZ6Mq1yyGHvEU9UWLW2sMQoip2XTY-vFljBi25nqqqGRPD8FHtoUIhni8laeILuonuy2y7/s200/1411120948_semen-type-smc-ok-copy.jpg

Adalah semen yang dapat digunakan untuk konstruksi perumahan dan irigasi yang struktur betonnya maksimal K225. Dapat juga digunakan untuk bahan baku pembuatan genteng beton hollow brick, paving block, dan tegel.

              Oil Well Cement, Class G-Hsr (HIGH SULFATE RESISTANCE)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjiOas7my9bJ7G4hxufZH3FP601appI32iattwrNCYuugGDrrTlrN0N9cDGMuVGUmV8tKoPyRvKHS8RsMLh00_i27gkNU-1XOxv-W9vBTCbzVXBYEHFLEZ4Q75_dy80pfRMQdcLMJJjKaAd/s200/1411120908_semen-type-owc-ok-copy.jpg
Merupakan semen khusus yang digunakan untuk pembuatan sumur minyak bumi dan gas alam dengan kontruksi sumur minyak di bawah permukaan laut dan bumi. OWC yang telah diproduksi adalah Class G, High Sulfat Resistance (HSR) disebut juga sebagai (Basic OWC". Aditif dapat ditambahkan untuk pemakaian pada berbagai  kedalaman dan temperature tertentu.

              Special Blended Cement(SBC)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Zt82Cd4EW-s9lpenAXHQf4Rnu88NxuH7iggGnEnzjPwex0yasgZPhthg70Gb3TUvO38rz6Ef43dn88T_DNTqbfOP-ibLT7rMhkr6vN440cReylt4u26bsylPhuryLjbuHYxzD6cRQvH1/s200/semen+blended%281%29.png
Adalah semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan mega proyek jembatan Surabaya Madura (Suramadu) dan cocok digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut. Dikemas dalam bentuk curah. 

3.3.2 Price
PT Semen Indonesia pada saat ini masih menetapkan harga pasaran yang masih dapat terjangkau oleh konsumen, harga dari produk Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa dan Semen Thang Long yang masih berada di naungan PT Semen Indonesia masih menetapkan harga berkisar Rp 52.000 hingga Rp 53.000 sesuai dengan  jenis dari produk yang dipasarkan. Setiap produk memiliki harga yang berbeda-beda dikarenakan kegunaan yang berbeda pula. Harga dari Semen Gresik dengan berat 50 kg sebesar Rp 61.000, dan 40 kg sebesar Rp 50.000. Semen Padang berat 50 kg dengan harga Rp 60.000, berat 40 kg dengan harga Rp 49.000. Semen Gresik dan Semen Tonasa memiliki harga yang tinggi dibanding dengan harga semen lainnya dikarenakan Semen Gresik dan Semen Padang memiliki konsumen yang tinggi.

3.3.3 Place
Ketepatan waktu pengiriman  merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan oleh PT Semen Indonesia (persero) tbk. Untuk menjaga ketersediaan barang demi kepuasan pelanggan. Armada transportasi untuk bagged cement menggunakan truk tronton, trailer, dll. Disesuaikan dengan kondisi jalan dan truk, untuk melayani konsumen proyek atau pabrik diseluruh wilayan pemasaran Semen Gresik.
Perusahaan Semen Gresik dalam pendistribusiannya menggunakan jalur darat, laut, gudang penyangga, dan pengantongan semen. Usaha yang saat ini dijalankan perusahaan melalui jalur laut dengan memanfaatkan beberapa pelabuhan di Indonesia seperti Teluk Bayur dengan kapasitas daya angkut kapal mencapai 90.000 ton. Dan di Tuban perusahaan juga memiliki jalur laut yang terletak di pelabuhan Tuban dengan kapasitas daya angkut kapal mencapai max 40.000 ton. Sedangkan di daerah bingkasi perusahan mempunyai jalur air yang terletak di pelabuhan Bingkasi dengan kapasitas daya angkut kapal mencapai 25.000 ton. Pelabuhan Makasar juga merupakan jalur yang digunakan perusahaan Semen Indonesia dalam mendistribusikan produknya, pelabuhan Makasar mampu memberikan daya angkut hanya 20.000 ton,  sama dengan kapasitas daya angkut kapal yang terletak di perlabuhan Bingkasi.
Gudang penyangga  juga berfungsi dalam pendistribusian kepada konumen akhir atupun konsumen organisasi. Fungsi gudang penyangga itu sendiri adalah sebagai tempat untuk menyimpan semen yang telah dikemas dan siap untuk dikirim ke distributor dan disalurkan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan begitu perusahaan mempunyai stok barang yang masih terdapat didalam gudang apabila suatu saat dalam pengiriman terdapat masalah yang harus dihadapi. PT Semen Indonesia mempunyai gudang penyangga hanya di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Bali.
Dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat, PT Semen  Indonesia mendirikan pengantongan semen di berbagai provinsi guna mempercepat proses pengemasan dan pendistribusian.  Provinsi yang menjadi tempat stategis dalam pengantongan semen dari perusahaan Semen Gresik antara lain, Aceh, Belawan, Batam, Teluk Bayur, Tanjung Priok, Ciwandan, Pelabuhan Tuban, Pelabuhan Gresik, Makasar, Bingkasi, Banjarmasin, Samarinda, Bitung, Ambon dan rencana perusahaan akan mendirikan satu pengantongan semen untuk memenuhi kebutuhan semen di daerah Papua.

3.3.4 Promotion
Dalam mempromosikan produknya, perusahaan Semen Indonesia melalau divisi pengembangan pemasarannya melaksanakan srategi komunikasi pemasaran dengan konsumen dalam bentuk atau jenis periklanan (advertising), melalui media cetak maupun elektronik, promosi penjualan (sales promotion) melalui pemberian souvenir pada saat pameran, hubungan masyarakat (humas) melalui media bulletin perusahaan yakni buletin gapura, pelayanan siaga 24 jam bebas pulsa, dan sponsorship melalui partisipasi pada event-event, baik event olahraga, kesenian maupun pergelaran musik, promosi dengan memberikan sumbangan pembangunan infrastruktur dan sebagainya.


3.4 ANALISIS KESUKSESAN PT. SEMEN INDONESIA

1.      Sumber daya
Suatu perusahaan besar memiliki SD yang kompetitif dan berkualitas. Memaksimalkan keunggulan bersaing diupayakan melalui implementasi program-program penyempurnaan di bidang organisasi, informasi dan sumber daya manusia. Perseroan harus memiliki keunggulan dalam Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi di bidang perekayasaan teknis dan jasa konsultasi dalam persemenan serta industri terkait.
2.      Kapabilitas
Kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi permintaan pelanggan, selain didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas juga didukung dengan peralatan-peralatan yang baik dan jumlah yang cukup memadai untuk melayani pelanggan dengan cepat.
Memiliki jangkauan distribusi ke seluruh penjuru dunia pemasaran. Sarana promosi yang menyeluruh ke berbagai media. Kebijakan promosi yang dilakukan Semen Gresik guna meningkatkan penjualannya yang antara lain: TV pada pesawat terbang, papan nama toko, bilboard, radio, koran, majalah,branding,event,bando             jalan,dan branding       mobile.
Selain karena hasil kerja keras seluruh komponen pegawai, direksi dan arahan dewan komisaris serta dukungan para Pemegang Saham Perseroan yang padu dalam pengambilan keputusan penting menyangkut rencana investasi turut memberikan andil dalam memajukan Perseroan, seperti dalam pemberian persetujuan pendirian pabrik baru dan pembangkit tenaga listrik.
3.      Kompetensi inti
Penerapan kegiatan operasional yang konsisten dan fokus kepada strategi operasional sebagaimana disebutkan di atas disertai dengan upaya sinergi secara intensif, pada akhirnya mampu menghasilkan kinerja fundamental yang kokoh. Revenue management berarti Perseroan mempriotaskan penjualan produk dengan harga yang reasonable dan pada pasar yang memungkinkan didapatnya harga dengan memberikan profit optimal.
Pemanfaatan lokasi geografis fasilitas produksinya berhasil membawa Perseroan tetap dalam posisi leading di bidang industri semen. Atas kinerja pemasaran yang baik tersebut, Perseroan berhasil memperoleh penghargaan Top Brand Award versi majalah marketing.


3.5 Peran PT Semen Indonesia dalam perekonomian nasional
Seorang wirausaha berperan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal seorang wirausaha berperan dalam mengurangi tingkat kebergantungan terhadap orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, serta meningkatkan daya beli pelakunya. Secara eksternal, seorang wirausaha berperan dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang disediakan oleh seorang wirausaha, tingkat pengangguran secara nasional menjadi berkurang.
Menurunnya tingkat pengangguran berdampak terhadap naiknya pendapatan perkapita dan daya beli masyarakat, serta tumbuhnya perekonomian secara nasional. Selain itu, berdampak pula terhadap menurunnya tingkat kriminalitas yang biasanya ditimbulkan oleh karena tingginya pengangguran.
Seorang wirausaha memiliki peran sangat besar dalam melakukan wirausaha. Peran wirausaha dalam perekonomian suatu negara adalah:
  • Menciptakan lapangan kerja
  • Mengurangi pengangguran
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat
  • Mengombinasikan faktor–faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan keahlian)
  • Meningkatkan produktivitas nasional.

















BAB 4
PENUTUP


4.1 KESIMPULAN
                       
4.1.1 PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Kewirausahaan adalah suatu sikap mental, pandangan, wawasan serta pola pikir dan pola tindak seseorang terhadap tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan selalu berorientasi kepada pelanggan. Atau dapat juga diartikan sebagai semua tindakan dari seseorang yang mampu memberi nilai terhadap tugas dan tanggungjawabnya.

4.1.2 PERAN WIRAUSAHAAN DALAM PEREKONOMIAN NASIONAL

·         Menciptakan lapangan kerja
·         Mengurangi pengangguran
·         Meningkatkan pendapatan masyarakat
·         Mengombinasikan faktor–faktor produksi
·         Meningkatkan produktivitas nasional








DAFTAR PUSTAKA

“Anonim”. 2012. Pengertian Kewirausahaan. diambil dari http:// www.bisnis-pengertianKewirausahaan.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.
“Anonim”. 2009. Ciri-ciri Kewirausahaan Unggul/Berhasil. diambil dari http://ciri-cirikewirausahaanunggul_berhasil.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.
“Anonim”. 2009. Karakteristik Kewirausahaan. diambil dari http://karakteristik-wirausahaan.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.
“Anonim”. 2009. Kewirausahaan. diambil dari http://kewirausahaan-kang_amin.com. Pada tangaal 4 Maret 2012.
“Anonim”.2012. Kewirausahaan. diambil dari http://wikipedia.com. Pada tanggal 4 Maret 2012.